Apa Itu Internet ?



Internet adalah sebuah alat jaringan komputer yang dapat menghubungkan para pemakai komputer sampai ke ujung dunia. Alat ini merupakan sumber yang berfungsi sebagai informasi yang dinamis dan statis. Kata internet sendiri berasal dari Interconnection Networking. Dan menurut sejarahnya, pengertian internet menurut para ahli sangatlah beragam. Dan ini tentunya merupakan pengembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih saja.

Sejarah internet mulanya pada tahun 1969 pada waktu itu ketika Department US, DAPRA mengadakan riset untuk bagaimana cara menggabungkan komputer sehingga terbentuk menjadi jaringan yang organik. Lalu riset ini sering disebut dengan ARPANET. Dan pada tahun 1972, keberhasilan seorang bernama Roy Tomlinson dalam melengkapi Program e-mail yang dia ciptakan sendiri. Tidak dipungkiri e-mail menjadi sangat terkenal bahkan sangat popular sampai sekarang. Sehingga pada akhirnya jaringan ARPANET terus dikembangkan sampai ke luar Amerika.
Menurut sejarahnya internet juga merupakan pemikiran-pemikiran para ahli yang sangat inovatif, dan dampaknya sangat besar bagi pekembangan dunia. Melihat begitu banyaknya kapasitas serta layanan yang luas, sungguh dapat menjangkau seluruh daerah pelosok yang ada di dunia ini. Nah untuk mengetahui lebih lanjut  mengenai layanan komputer ini, kita akan membahas beberapa pengertian para ahli tentang internet, diantaranya adalah Salah satu ahli seperti Lani Sidharta menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap. Dan terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap di dalam media ini.
Ada juga para ahli seperti Khoe yao tung yang menyatakan bahwa intenet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Apa Itu Internet ? di blog Ilmu TKJ jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :