Macam-macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Hay teman-teman pada kali ini saya akan menjelaskan berbagai macam perangkat keras komputer atau biasa disebut dengan Hardware. Oke langsung saja kedalam penjelasannya ya

1. Motherboard
Motherboard merupakan sebuah papan utama dimana yang berisi dengan berbagai macam komponen komputer itu sendiri, misalnya processor, ram, hatsink, fan, dan lain-lain dan terdapat berbagai macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.

2. RAM ( Random Access Memory )


RAM adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data dan instruksi program yang akan dan sudah dieksekusi oleh prosesor. Penyimpanan RAM bersifat sementara, ini artinya setelah komputer dimatikan, RAM akan dikosongkan lalu akan diisi data baru yang diperlukan saat komputer dinyalakan dan dipergunakan. RAM sendiri singkatan dari Random Access Memory. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang harus diakses secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada letak datanya. Hal ini yang membuat RAM lebih cepat daripada harddisk atau media penyimpanan lainnya.

3. Harddisk
Harddisk adalah sebagai media penyimpanan external maupun internal dalam perangkat komputer dengan kapasitas yang besar untuk menyimpan data, Harddisk merupakan media penyimpanan terbaik yang memiliki mekanisme yang berbeda dari media penyimpanan yang lain seperti Disket, CD, DVD, Flashdisk dan media penyimpanan lainnya.

4. Processor
Processor adalah sebuah hardware komputer yang berfungsi sebagai pemroses, pengolah, dan penghitung kompleks perintah perintah dalam komputer agar komputer bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

5. Power Supply
Power supply merupakan sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.

6. Sound Card
Sound Card adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara, misalnya sound yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4 speaker dan 1 subwover untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

7. LAN Card

Kartu jaringan/LAN Card/network interface card disingkat NIC atau juga network card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

8. VGA Card
Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.
9. CD / DVD ROM
CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada awalnya, alat ini hanya bisa membaca data saja.Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD.CD-ROM atau DVD-ROM yang sanggup menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD writer.

10. Fan / Kipas


Fan merupakan alat pendingin perangkat komputer seperti processord dan harddisk.

11. Floppy Disk Drive
Floppy disk berfungsi sebagai media pembaca data didalam disket namun saat ini mungkin disket sudah tidak populer lagi, tetapi diakui atau tidak disket turut memajukan dunia komputer selama beberapa dekade

12. Mouse
 Mouse berfungsi sebagai penunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat

13. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.

14. Monitor

Monitor berfungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.

15. Speaker

Speaker berfungsi sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/ headset sebagai alat output suara.

16. Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Macam-macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya di blog Ilmu TKJ jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :